Info Sekitar Tempat Wisata Indonesia

9/04/2016

TEMPAT WISATA POPULER DI SUKABUMI

 Tempat wisata di Sukabumi ~ Sebuah daerah yang terletak di Jawa Barat Pulau Jawa ini memang menawarkan suasana alam yang sejuk dan bahkan lebih kepada suasana dingin. Berdekatan dengan kota besar yaitu Jakarta, Sukabumi menjadi destinasi favorit saat masa liburan maupun akhir pekan. Sehingga hampir bisa dipastikan jika anda bertandang ke Sukabumi di hari sabtu maka pasti akan menjumpai kemacetan yang cukup parah. Keistimewaan dari kota Sukabumi ini adalah berada di wilayah yang dikelilingi oleh bukit dan gunung sehingga anda bisa merasakan kesegaran udara dan pemandangan hijau yang masih benar-benar asri.

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
Peta Pariwisata Sukabumi
 Keindahan alam Sukabumi ini rupanya juga didukung oleh pemerintah setempat dengan pembangunan infrastruktur yang baik sehingga ketika ada pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota Sukabumi menjadi merasa lebih nyaman dan tenang. Berikut ini adalah beberapa daftar wisata menarik yang ada di kota Sukabumi.

Situ Gunung

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
SITU GUNUNG
  Bagi anda yang menginginkan suasana yang tenang dengan pemandangan alam yang indah, Situ Gunung adalah destinasi yang tepat. Sebuah danau yang terletak di ketinggian 970 meter dpl ini cukup membuat anda merasa lebih segar dan sejuk.

 Situ Gunung terletak di lereng Gunung Pangrango atau lebih tepatnya berada di kecamatan Kadu Dampit, lokasinya tidak begitu jauh dari kota Sukabumi karena hanya berjarak sekitar 16 km saja. Lokasi situ Gunung ini sangat tepat jika digunakan sebagai latar belakang pengambilan foto bertema alam, karena wilayah ini masih benar-benar alami. Tak jauh dari lokasi danau, terdapat pula curug atau air terjun yang pemandangannya tak kalah menarik.

Kampung Ciptagelar
 
 Termasuk pada wisata budaya yang akan mengajak anda melihat lebih detail tentang kehidupan para leluhur kota Sukabumi. Kampung Ciptagelar merupakan cagar budaya setempat yang masih sangat kental nuansa adatnya. Disana anda akan mendapati pemandangan yang jauh dari suasana hingar-bingar materi yang begitu gemerlap. Karena seperti kita tahu budaya orang lama adalah senantiasa merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan lebih berorientasi pada ketenangan jiwa dari pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat ragawi dan semu.

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
Pesona Kampung Ciptagelar
 Masyarakat yang hidup di kampung Ciptagelar juga disebut sebagai masyarakat kasepuhan yang artinya penduduk setempat masih sangat menghormati dan menomor satukan pendapat dan fatwa dari sesepuh setempat. Tidak hanya pola pikir dan pola hidup mereka yang bisa anda amati namun model bangunan serta atmosfir yang terasa akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan tempat-tempat yang lainnya.

 Untuk dapat menjangkau tempat ini memang dibutuhkan sedikit perjuangan karena letaknya yang cukup jauh dari kota Sukabumi yaitu sekitar 103 km. kampung Ciptagelar ini berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok Sukabumi. Meskipun jauh namun kampung Ciptagelar ini merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan.

Goa Buniayu
 
Bagi anda yang gemar melakukan kegiatan petualangan jangan sampai lewatkan kegiatan caving yang mengasyikkan di Goa Buniayu yang terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi ini.
Keunikan dari goa Buniayu ini adalah bentuknya yang menyerupai botol, karena pintu masuk yang terbilang sempit dan mungkin akan sedikit menyeramkan bagi anda yang baru pertama kali memasukinya.

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
Gua Buniayu
 Namun semakin jauh ke dalam anda akan mendapati area goa yang cukup luas, adanya stalaktit dan stalakmit yang begitu natural akan semakin memperkaya pengetahuan anda tentang karakteristik alam Sukabumi. Selain itu anda juga bisa melihat aliran sungai di dalam goa yang indah. Menyusuri goa yang gelap memang membutuhkan keberanian yang tinggi dan hanya bisa dilakukan oleh pencinta alam sejati.

Situ Sukarame

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
Situ Sukarame
 Situ Sukarame terletak di Desa Parankasalak dan lebih tepatnya berada di kaki gunung Salak yang cukup sejuk. Salah satu keunikan dari Situ Sukarame ini adalah tidak hanya dikelilingi oleh pepohonan yang rindang saja namun juga perkebunan teh yang amat luas.
Selama perjalanan menuju lokasi wisata tersebut anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, udara yang segar dengan khas aroma teh yang membuat anda merasa lebih rilex. Situ Sukarame memberikan nuansa yang tenang dan sepi karena memang jauh dari keramaian.
Untuk anda yang ingin mengunjungi situ Sukarame, anda akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000; untuk membeli tiket masuknya, tentu saja ini sangat terjangkau. Di dalam lokasi situ Sukarame juga terdapat berbagai macam wahana permainan, karena memang lokasi wisata ini sering digunakan untuk wisata keluarga dan bahkan untuk perkemahan anak sekolah.

Arung Jeram Sungai Citarik

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
Peta Arum Jeram Sungai Citarik
  Berwisata tidak hanya untuk mendapatkan ketenangan saja tentunya, namun juga sekali-kali untuk menguji keberanian anda dengan melakukan rafting di sungai Citarik. Aliran air di sungai ini cukup deras dengan bebatuan yang besar sehingga cukup meningkatkan adrenalin ketika menyusurinya.
Arung Jeram Sungai Citarik ini memang cukup terkenal di wilayah Jawa Barat, pemandangan yang begitu indah dan udara yang sejuk adalah salah satu daya tariknya. Ditambah lagi dengan adanya pemandu rafting yang berpengalaman dan siap membantu anda untuk menyusuri sungai Citarik dengan aman dan nyaman.

Geopark Ciletuh
 
 Lokasi ini adalah surganya pencinta wisata air, karena di tempat ini terdapat beberapa air terjun atau biasa disebut dengan curug. Diantaranya adalah curug Cikanteh, Curug Cimarinjung, Curug Ngelay dan Puncak Manik.

info tempat wisata terkenal dan populer di sukabumi jawa barat di tahun 2016,travel guide.wisata indonesia
GeoPark Ciletuh
 Masing-masing curug tersebut masih terlihat benar-benar alami dan asri karena memang belum tersentuh oleh reka daya manusia. Pemerintah setempat hanya berusaha untuk memperbaiki infrastruktur agar lebih memudahkan untuk mencapai lokasi wisata Geopark Ciletuh ini.
Untuk dapat menikmati panorama alam yang masih murni ini anda perlu menempuh perjalanan selama 5 jam dari pusat kota Sukabumi, karena memang cukup jauh dari keramaian.
Share:

0 coment list:

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Kata yang Baik
_Terimakasih_